Berita

Talk Show Humanis B.J. Habibie : Cinta Tanpa Batas



Galeri - Talk Show Humanis B.J. Habibie : Cinta Tanpa Batas
Galeri - Talk Show Humanis B.J. Habibie : Cinta Tanpa Batas
Galeri - Talk Show Humanis B.J. Habibie : Cinta Tanpa Batas
Galeri - Talk Show Humanis B.J. Habibie : Cinta Tanpa Batas

Informasi

Museum merupakan sarana akses informasi dan pengetahuan mengenai hal-hal umum yang terkait dengan nilai-nilai sejarah, budaya, dan memori kolektif bangsa. Museum harus mengedukasi masyarakat melalui informasi yang menarik serta inspiratif. Untuk itu pada akhir tahun 2019, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti menyelenggarakan kegiatan bincang-bincang di Museum. Konsep ini dipilih sebagai salah satu upaya mendekatkan museum kepada masyarakat, khususnya kalangan pelajar, civitas akademik, dan umumnya kaum milenial sebagai generasi muda strategis yang akan berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di masa kini maupun masa-masa mendatang. Kegiatan ini dapat terlaksana atas dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Pemerintah Kota Bogor, Yayasan Habibie dan Ainun, serta keluarga Bapak BJ Habibie.

Tema yang dibawa dalam bincang-bincang museum kali ini adalah “Cinta Tanpa Batas B.J. Habibie”. Tema ini kemudian diterjemahkan dalam bentuk talkshow dengan maksud untuk mengenang Presiden Republik Indonesia yang ketiga Bacharudin Jusuf Habibie (alm). Sebagai individu maupun sebagai tokoh publik, Habibie banyak sekali memberikan sumbangan bagi kemajuan peradaban bangsa Indonesia. Beliau tidak pernah berhenti berpikir dan berbuat untuk menghasilkan karya bagi kemajuan bangsa. Tidak hanya meletakkan dasar tradisi keilmuan dan pengembangan teknologi yang kokoh, Habibie juga mengajarkan banyak tentang adab berpolitik, tata cara pemerintahan yang efektif, beragama dengan produktif, berkeluarga yang harmonis, dan banyak hal lainnya. Cintanya Habibie untuk Indonesia yang tanpa batas dapat terlihat dari keinginan kuat Habibie adalah bagaimana melahirkan putra-putri bangsa menjadi manusia yang pintar, setara serta bangsa yang unggul di dunia. Habibie sadar, bahwa dengan menyiapkan bibit-bibit unggul untuk generasi penerus bangsa, merupakan salah satu cara untuk menjadi sebuah bangsa yang maju.

Untuk mengenal lebih dalam tentang B.J. Habibie, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti telah melaksanakan Talkshow dengan tema Cinta Tanpa Batas B.J. Habibie yang dibuka langsung oleh Plt. Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Judi Wahjudin pada tanggal 5 Desember 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada Bacharuddin Jusuf Habibie, karena telah memberikan pemikiran dan karyanya dalam membangun bangsa Indonesia. Acara ini dihadiri oleh pembicara utama Hilmar Farid (Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), dan narasumber Ilham Akbar Hibibie, Manoj Punjabi, dan Reza Rahadian, dengan moderator Rosiana Silalahi dan Insana Abdul Adjid Habibie.


Komentar